Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan – Daun seledri memang biasa digunakan dalam hal memasak bagi para sebagian ibu rumah tangga. Di balik itu semua, daun seledri ini banyak khasita yang terkandung di dalamnya. Selain memiliki rasa khas yang dapat menggugah selera makan, kandungan daun seledri kaya akan kalsiym, vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C. Tentu saja kandungan tersebut baik digunakan untuk obat kesehatan maupun kecantikan.

Tanaman seledri sendiri kini dimanfaatkan sebagai pengobatan atau herbal oleh beberapa pakar kesehatan. Hal ini tak terlepas dari kandungan zat penting seperti boron, klorin, asam lemak esensial, folat, inositol, besi, magnesium, dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini adalah ragam khasiat daun seledri untuk kesehatan tubuh manusia yang perlu diketahui.

Ini Dia Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

1.Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Jumlah kolesterol di dalam tubuh manusia perlu dibatasi, karena jika tidak akan berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah. Bahayanya pembuluh darah yang tersumbat nantinya akan mengundang banyak penyakit. Adapun cara melenyapkannya adalah menggunakan daun seledri. Hanya dengan merebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air. Konsumsi ramuan daun seledri agar kolesterol menurun.

  1. Mengobati Rematik

Apabila anda menderita penyakit rematik, cobalah untuk mengkonsumsi daun seledri. Keberadaan penyakit rematik hadir akibat kelebihan asam urat, sehingga menumpuk di bagian persendian dan lamat laun akan mengkristal. Maka tak heran jika tubuh menjadi sulit digerakkan dan bahkan mengakibatkan pada kelumpuhan. Sebaiknya konsumsi daun seledri yang masih mentah.

  1. Mengatasi Mata Kering

Mata yang kering akan sangat menganggu aktifitas seseorang. Terlebih lagi keadaan mata kering disertai dengan rasa gatal-gatal. Apabila mata dikucek justru akan menimbulkan iritasi dan menjadi mata merah. Ada kalanya anda membasmi masalah kesehatan ini dengan menumbuk daun seledri bersamaan dengan daun bayam dan daun kelor. Selepas itu, hasil tumbukan halus ditambahkan sedikit garam dan air, konsumi 3 kali setiap hari.

  1. Mencegah Anemia

Anema adalah kondisi tubuh yang kekurangan darah sehingga membuat penderita sakit kepala sepanjang hari. Hampir penderita anemia merasa lesu, lelah, letih, lemah, dan lunglai yang mampu menurunkan semangat kerja. Berkat bantuan daun seledri rupanya anemia dapat dicegah sekaligus diobati. Cobalah membuat jus dari bahan alami daun seledri yang telah dicampur dengan air, madu, dan nanas. Minum secara rutin agar anemia berkurang.

  1. Meredakan Batuk

Meskipun batuk merupakan penyakit ringan dan tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terus dapat menyebabkan komplikasi tertentu. Apalagi jenis batuk berdahak yang sangat menyiksa para penderitanya. Maka dari itu, anda bisa merebus daun seledri ke dalam 3 gelas air untuk meredakan batuk. Kemudian, saring air rebusan dan campurkan dengan madu murni. Sebaiknya rutin minum ramuan 2 kali sehari agar batuk segera sembuh.

Jika anda mengalami iritasi saat mengkonsumsi daun seledri maka hentikan. Kandungan serat seledri yang tinggi dapat mengakibatkan iritasi pada lambung yang peka atau sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *